MAKALAH KOMPUTER

KATA PENGANTAR

Syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena penyertaanNya dalam penulisan karya tulis ini hingga akhir.
Karya tulis ini mencoba mengenalkan remaja untuk memilih / menggunakan internet. Kita sadari banyak informasi yang tersedia di dalam internet. Namun ada juga rumor atau selentingan yang membingungkan para remaja untuk mengetahui atau mengenal internet secara spesifik. Untuk itu, beberapa hal informative juga disampaikan disini sebagai bahan pengetahuan umum, misalnya biaya dalam internet, istilah dalam internet, dan etiket dalam internet.

Penyusun

DAFTAR ISI

Kata Pengantar ® i
Daftar isi ® ii
Pendahuluan ® iii
A. Latar Belakang * iii
B. Permasalahan * iii
C. Pembatasan Masalah * iv
Pengetahuan Remaja Tentang Internet ® v
A. Internet Remaja * v
B. Menggunakan E-mail Sebagai Jendela Internet * xii
Penutup ® xiii
Daftar Pustaka ® xv

BAB I
PENDAHULUAN
Internet merupakan jaringan computer yang sangat besar yang dirancang untuk digunakan secara interaktif, yang berarti bahwa orang bekerja langsung pada computer yang dikoneksikan langsung ke jaringan.
Seberapapun lama menggunakan internet, anda akan tetap tertarik mencari informasi yang Anda perlukan. Sebagian besar pengguna pemula internet telah banyak membuat sumber catalog dan bagan. Tugas mereka semakin kompleks seiring meningkatnya jumlah pengguna dan resource (sumber informasi).

A. LATAR BELAKANG
Apa internet itu ?
Internet adalah jaringan net work internasional yang tersebar luas di tujuh benua dan ratusan Negara.
Internet merupakan jaringan bebas dimana pengguna menggunakan protocol dan ketentuan tertentu, bekerja sama, dan semua berjalan tanpa gejolak.

B. PERMASALAHAN
Dewasa ini banyak sarana komunikasi yang dapat digunakan untuk dapat berhubungan dengan jarak yang jauh tanpa mengeluarkan biaya yang besar dan memudahkan dalam pengiriman informasi. Salah satunya adalah internet. Namun banyak pengguna pemula yang masih belum mengetahui unsure-unsur dan macam-macam layanan dalam internet, antara lain :
? Apa yang diperlukan ?
? Bagaimana masuk ke internet ?
? Berapa biaya internet ?
? Apa bahasa khas internet ?
? Etiket dalam internet ?
? Sarana apasaja yang ada di internet ?
? Bagaimana cara kerjanya ?
? Apa manfaat internet bagi remaja ?
? Dan lain sebagainya

C. PEMBATASAN MASALAH
Dalam hal ini, kami membatasi masalah pada penggunaan internet di dalam dunia remaja dan pengetahuan mereka dalam hal internet.
Internet bagaikan kota yang terus dibangun. Sumber informasi makin berganti-ganti. Samua informasi tersebut dapat dimuat di dalam internet.
Dewasa ini, banyak hal-hal yang diperlukan remaja untuk diri mereka, kemajuan di masa depan mereka, dan kepentingan bersama yang berhubungan dengan diri para remaja, baik secara fisik maupun biologis

BAB II
PENGETAHUAN REMAJA TENTANG INTERNET

A. INTERNET REMAJA
Internet merupakan salah satu sarana komunikasi yang populer dan banyak digunakan oleh kalangan remaja. Mereka menggunakan internet untuk menemukan hal-hal baru dan masih hangat dibicarakan oleh masyarakat.

Apa Yang Diperlukan Dalam Internet ?
Internet menggunakan beberapa alat yang sering digunakan dalam komunikasi. Salah satunya yaitu saluran telepon. Selain saluran telepon, internet juga memerlukan computer, modem, dan program komunikasi.
Modem, singkatan dari Modulator Demodulator; yaitu alat yang mampu mengubah data digital dalam bentuk bilangan biner menjadi sinyal elektrik (modulasi) dan mengirim sinyal elektrik ini melalui saluran telepon, gelombang radio, serat optic, belomnbang mikro (microwave) bahkan melalui kabel listrik biasa.

Bagaimana Masuk Ke Internet ?
Ada beberapa cara untuk dapat masuk ke internet, antara lain:
1. Akses Langsung
2. Akses SLIP/PPP
3. Dial-up Account
4. Layanan on-line commercial

? Akses Langsung
Akses langsung merupakan cara tercepat masuk internet. Di perusahaan-perusahaan, biasanya mengakses internet secara full-fledged dan full-time serta dilengkapi dengan program Client yang memudahkan menggunakan semua resource.
? Account SLIP/PPP
SLIP ( Serial Line Interface Protocol ) dan PPP ( Point of Point Protocol ) langsung mengakses internet dan mengizinkan Anda mengakses semua program client.
? Account Dial-up
a) Account Dial-up sederhana
Cara ini memungkinkan modem mengakses system berbasis Unix, nomor account dan password. Sarana internet yang ada antara lain : e-mail, news, telnet, dan gopher.
Telnet adalah fasilitas yang memungkinkan seseorang melakukan log in, masuk dan mengakses sebuah server di tempat yang jauh melalui internet.
Gopher merupaka tool cari-dan-ambil yang berbasis menu yang terstruktur seperti catalog kartu perpustakaan, dari topic luas kemidian mempersempit sehingga menemukan sesuatu yang menarik minat.
b) Account Dial-up kompleks
Cara ini diberikan oleh perusahaan besar, seperti Netco, PSI, dan InterCon System, yang mempunyai proprietary client software dan jaringan nomor akses local di berbagai kota atau layanan nomor 800.
? Layana On-line Komersial
Sebagian layanan on-line komersial, seperti Amerika On-line, Compo Serve, dan Prodigy, menambah layanan di internet hamper setiap hari. Namun tariff juga berubah sangat cepat sehingga sulit dibukukan.

Berapa Biaya Internet ?
Biaya internet tergantung di mana dan apa path akses. Program yang terdapat di internet bermacam-macam sehingga biaya yang harus dikeluarkan oleh pengguna sarana internet berbeda-beda, sesuai dengan program apa yang digunakan. Tariff berkisar $5 sebulan hingga $10000 atau lebih setahun.

Apa Bahasa Khas Internet ?
Ada beberapa bahasa yang digunakan dalam pengiriman surat melalui internet, antara lain :
1. Singkatan alfabetis ( FAQ. WAIS )
2. Permainan kata (Gopher, archie)
3. Simbol (smiley dan emoticons)
4. Alamat sumber informasi (URL)
5. Tanda Baca (dot)
? Dot ; digunakan untuk memisahkan nama user dan nama domain.
? Symbol ; menunjukkan media berbasis teks, tanpa infleksi suara.
? FAQ ; yaitu dokumen yang dikompilasi dari berbagai pertanyaan di newsgroup, mailing list, dan sebagainya.

Etiket Dalam Internet ?
Dalam internet, ada beberapa etiket yang digunakan antara lain :
1. Menggunakan bersama.
Prinsip “Conserve bandwidth” berlaku untuk semua aktifitas Net. Artinya jangan mengirin pesan panjang ketika pesan pendek sudah cukup, atau cukup mengirim program yang dikompres.
2. Perhatian terhadap sumber informasi.
“Netiquette”, artinya kerjakan bagian Anda dengan tidak menggunakan sumber informasi pada jam sibuk (memperlamban system ketika pemilik sumbar informasi memerlukan), atau jangan terlalu berlebihan menggunakan sumber informasi.

3. Bersikaplah mulia.
Budaya internet berlandaskan sikap luhur. Internet juga tak luput dari orang yang jahat dan baik. Ketentuan net dalam perilaku umum berkaitan dengan sikap hormat dan sopan kepada orang lain.
Misalnya jangan melakukan hal-hal berikut :
? Mengirim surat pribadi tanpa peduli, tanpa identitas penulis.
? Mengirim banyak surat. Artinya mengirim pesan yang sama ka banyak newsgroup/mailing list. Mengirim banyak informasi bisnis/komersial merupakan pemborosan.
? Menimbulkan keresahan di tempat umum.
? Mengirim surat berantai yang akan berputar terus di intenet.

Sarana Apasaja Yang Ada Di Internet ?
Salah satu sarana dalam internet yang sering digunakan remaja saat ini adalah elektronik mail (e-mail).
E-mail adalah fasilitas internet yang sangat terkenal dan digunakan oleh semua jasa internet, merupakan fasilitas internet yang memungkinkan kita menulis, mengirim, dan menerima surat dari manapun dan dimanapun di dunia dalam waktu yang sangat singkat, yaitu min 4 menit.
Terdapat banyak layanan internet yang dapat Anda gunakam lewat e-mail, termasuk layanan untuk pengiriman e-mail ke seseorang yang berada pada system surat elektronik lainnya, berpartisipasi pada diskusi dengan sejumlah besar topic, dan untuk mengambil informasi dari komputer-komputer di seluruh dunia.
Bagian berikut ini akan memberitahu apa yang dapat Anda lakukan bila menggunakan internet via e-mail.

1. Meraih informasi dengan e-mail.
E-mail merupakan bentuk komunikasi elektronik yang terdistribusi paling luas di dunia. Anda dapat mengirim e-mail ke internet, dan Anda juga dapat mengirim surat ke layanan e-mail lain lewat internet. Jumlah orang yang memiliki alamat e-mail di internet diperkirakan bertambah 15 juta. Dengan menggunakan alamat e-mail, Anda dapat menghubungi orang-orang tidak hanya pada layanan on-line Anda, tetapi orang-orang di seluruh dunia.
2. Berlangganan ke Mailing Lists
Mailing list merupakan mekanisme diskusi public lewat alamat e-mail sentral yang mengirim mail (surat/pesan) yang datang balik ke setiap orang pada daftar.
3. Berlangganan majalah elektronis.
Di internet terdapat pula majalah dan jurnal elektronis, seperti media cetak, bebagai topic dapat Anda tamui, tingkat formalitas dan jadwal penerbitannya juga bervariasi.
4. Newsgroups.
Newsgroup merupakan forum public untuk diskusi berbagai jenis topic. Sumber newsgroup paling besar adalah jaringan yang disebut USENET.
5. Mengambil file.
Salah satu manfaat internet adalah Anda dapat mengambil file-file yang disimpan computer yang jauh letaknya dengan menggunakan ftp-mail (file transfer protocol via e-mail)
File transfer protocol (ftp) adalah fasilitas yang memungkinkan kita mengirim dan menerima file dari dan ke server di seluruh dunia yang terhubung dengan internet.
6. Mencari file dan sumberdaya.
Archie merupakan software tool untuk mencari database dari file yang dapat diskses public yang tersedia lewat fasilitas ftp.

Bagaimana Cara E-Mail Bekerja ?
E-mail bekerja seperti pengiriman surat biasa. Surat yang dilengkapi dengan alamat e-mail secara elektronis dikirim ke computer dengan alamat e-mail yang dituju, dan dapat juga menuju ke computer lain dengan alamat yang berbeda.

Apa Manfaat Internet Bagi Remaja ?
Internet merupakan sarana komunikasi yang sangat diperlukan. Apalagi oleh para remaja yang sangat memerlukan informasi yang diperlukan untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang sesuatu hal yang berkaitan dengan diri remaja. Misalnya informasi tentang mode, pengetahuan umum, dan sebagainya. Namun di dalam internet juga terdapat ha-hal yang dapat merusak diri dan pikiran remaja, yang tidak seharusnya diperlihatkan kepada remaja.
Adapun beberapa manfaat yang dapat diambil dari penggunaan internet bagi remaja antara lain :
1. Bertambah luasnya pengetahuan dan wawasan remaja tentang hal-hal- yang memang seharusnya mereka ketahui sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan kagiatan apapun.
2. Dapat menambah teman dan mempererat silaturahmi antar sesama.
3. Dapat saling bertukar pikiran atau berdiskusi dengan orang-orang yang ada di berbagai penjuru di dunia.
4. Mengenal berbagai technology dari berbagai bidang kehidupan, yang telah dan akan beredar dalam kehidupan masyarakat.
5. Dapat merasakan kemajuan yang ada di dunia dengan saling berhubungan dengan orang-orang dari berbagai Negara di dunia.
6. Mempercepat remaja dalam menerima informasi yang dapat memajukan pembangunan nasional bangsanya.
7. Mengetahui kekurangan dan kelebihan masing-masing individu melalui informasi yang ada dalam internet.
8. Dan sebagainya.

B. MENGGUNAKAN E-MAIL SEBAGAI JENDELA INTERNET
Sebagian besar layanan internet memungkinkan Anda menggunakan e-mail untuk memformulasikan satu set perintah, kemudian Anda mengirimkannya ke computer diseberang yang terkoneksi ke internet. Computer tersebut mengambil surat Anda, melaksanakan perintah-perintah Anda, dan mengembalikan hasilnya ke Anda. Inilah yang disebut memiliki jendela internet.
Ada beberapa keuntungan menggunakan koneksi langsung dalam mengakses internet, antara lain :
1. Dapat berpartisipasi pada diskusi, melakukan riset, dan mengambil file dari internet tanpa melanggan ke layanan on-line lain.
2. Dapat menghemat biaya.
3. Mudah digunakan dan dipahami.
4. Memungkinkan pekerjaan terus diproses walaupun Anda sedang tidak terkoneksi.

BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Dalam dunia remaja, informasi sangat diperlukan untuk pertimbangan dalam melakukan semua kegiatan. Salah satu sarana informasi dan komunikasi yang banyak digunakan oleh kalangan remaja adalah internet, yang merupakan fasilitas elektronik yang sangat bermanfaat.
Bagi remaja yang sudah kerap kali berhadapan dengan computer, khususnya internet, memang menganggap penggunaanya sangat mudah. Namun bagi para remaja yang awam, penggunaan internet merupakan hal yang asing. Oleh karena itu, mereka harus mengetahui berbagai fasilitas yang diberikan internet.
Dengan mengetahui kegunaan yang ada setelah menggunakan internet, maka mereka akan dengan mudah mendapatkan informasi dari dalam dan luar negeri, bahkan di seluruh penjuru di dunia.

B. SARAN
Untuk para pengguna yang masih belum mengetahui cara, fasilitas, dan manfaat dari penggunaan internet, harus mencari informasinya dari berbagai sumber. Salah satunya yaitu sumber bacaan yang juga sangat berguna untuk pengetahuan.
Di dalam internet banyak terdapat informasi yang tidak seharusnya diketahui oleh remaja, bahkan dapat merusak hidup mereka. Oleh karena itu, sebaiknya informasi yang seperti itu tidak diikuti, dan ambillah segi positif dari penggunaan internet yang sebenarnya.

DAFTAR PUSTAKA

Nogroho, Yanuar. 1998. Memilih Dan Menggunakan Komputer. Jakarta: Puspaswara.
Ryer, Jeanne C. 1996. Buku Saku Kesegaran Dan Kesehatan Dalam Internet. Jakarta: Gramedia.
Shirky, Clay. 1995. Teknologi Komputer. Jakarta. Gramedia.

KARYA TULIS KOMPUTER
REMAJA DAN INTERNET

IM PENULIS :
1) DWI NUR IHSAN
2) DILLA MARSELLA
3) ERWIN SETIAWAN
4) FEBI INGGA SARI
5) FITRIANDI

KELAS : 2C
SMU NEGERI 3 PONTIANAK
JL. WR SUPRATMAN NO.1

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: