MAKALAH MACAM-MACAM SUKU

Di Indonesia sangat banyak sekali kebudayaan-kebudayaan daerah, kebudayaan itu timbul akibat dari perbedaan-perbedaan yang ada, seperti lagu-lagu daerah, tarian-tarian daerah, rumah adat daerah, suku-suku, dan alat musik daerah lainnya beserta adat istiadatnya masing-masing. Tapi yang akan kita diskusikan pada pertemuan kali ini ialah tentang suku-suku yang ada di Indonesia.
Indonesia dikenal sebagai negara yang disusun oleh beragam suku bangsa. Di Indonesia sangat banyak sekali suku-suku, seperti suku Aceh, Ulu Sungkil Karo, Batak, Nias, Minang, Pilang Guci, Ogan, Rejang, Sakai, Anak Dalam, Bajau, Penghulu, Kubu, Pasemah, Lampung, Enggoro, Betawi, Banten, Sunda, Badui, Jawa, Samin, Karimun, Tengger, Madura, Bali, Bima, Sasak, Sabu, Sumba, Melayu, Dayak, Punan, Kayan, Tidung, Maanyan, Dayak, Banjar, Gorontalo, Minahasa, dan masih banyak lagi suku-suku yang belum kami sebutkan seperti suku yang berada di Pulau Irian Jaya yaitu, Asmat, Dani, Blak dan lain-lain.
Dan yang membedakan suatu suku dengan suku lainnya adalah bahasa. Bahasa sebagai wujud kebudayaan ternyata terbukti ampuh merangkum dan menghimpun banyak orang dalam satu ikatan suku bangsa. Paling tidak bahasa mampu menguatkan kesadaran kelompok.
Tapi kami tidak akan menerangkan semuanya, sebab di Indonesia ini sangat banyak sekali suku-sukunya sehingga tidak mungkin bagi kami untuk menjelaskan semuanya itu. Baiklah untuk mempersingkat waktu yang pertama ialah :

Suku Madura
Suku Madura ialah suku yang banyak berada di Pulau Jawa Timur, sebab memang disanalah tempat lahirnya orang madura. Ciri-ciri dari orang madura ini diantaranya ialah :

? Didalam kehidupan sehari-hari orang madura seringkali menggunakan logat maduranya ketika sedang berbicara, apalagi bila sedang berbicara dengan sesama orang madura pasti akan menggunakan bahasa madura asli.
? Kulit orang madura kebanyakan berwarna hitam, tapi ada juga yang kulitnya berwarna putih kehitam-hitaman, tergantung dari keturunan masing-masing orang.
? Bila berhadapan dengan orang yang belum dikenalnya kebanyakan pendiam.

Suku Melayu
Suku Melayu merupakan suku yang mempunyai ciri agak menarik, suku melayu ini banyak terdapat di Pulau Kalimantan dan Sumatra. ciri-ciri yang menonjol dari suku melayu ini ialah :

Dibawah ini adalah gambar orang Melayu yang berhasil saya ambil gambarnya ketika dia sedang merokok tapi sebelumnya saya dimarahi dan ditanyainya apa dan kenapa, terus saya jawab dengan terus terang saja, ya dia mau saja. Ternyata ciri-ciri orang Melayu juga cepat marah.

? Bahasanya yang khas serta mempunyai ciri tertentu seperti bahasanya mirip dengan bahasa resmi di Malaysia, sebab Malaysia itu Juga berada di Pulau Kalimantan makanya banyak keturunan orang melayu yang berada di Malaysia. Ataupun banyak orang melayu yang berketurunan Malaysia.
? Warna kulitnya tidak hitam juga tidak putih tergantung dari keturunannya masing-masing.

Suku Tiong Hoa
Suku Tiong Hoa sebenarnya bukan suku asli yang berada di Indonesia, tapi merupakan suku keturunan. Suku Tiong Hoa ini kebanyakan berada di Pulau Kalimantan, ciri-ciri yang sangat menonjol dari suku Tiong Hoa ini ialah :
? Seperti yang kita ketahui kalau orang Tiong Hoa itu kulitnya berwarna putih, tapi ada juga orang Tiong Hoa yang kulitnya tidak berwarna putih, itu karena pengaruh lingkungan ataupun factor keturunan seperti ayah Madura dan ibu Tiong Hoa, makanya tidak sedikit orang Tiong Hoa yang berkulit selain putih.
? Dalam bekerja orang Tiong Hoa itu sangat rajin dan terampil.
? Mempunyai bahasa yang sangat berbeda sekali dengan bahasa suku-suku yang ada di Indonesia sebab bahasanya ini ialah bahasa yang digunakan orang Tiong Hoa, dinegara asalnya.
? Ciri-ciri lainnya ialah matanya agak sipit, tapi ada juga yang matanya tidak sipit tergantung dari factor keturunan.
? Rata-rata orang cina itu kebanyakan mata pencahariannya berdagang, karena berdasarkan cerita dahulu ada seorang pedagang Cina yang datang ke Indonesia lama-lama ia menetap di Indonesia, maka dari itu orang Tiong Hoa kebanyakan Pedagang.

Suku Jawa
Suku Jawa ialah suku yang sangat cepat persebarannya di Indonesia, sebab kita lihat dimana-mana banyak sekali orang Jawa. Dan orang Jawa ini banyak berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta. Ciri-ciri yang dapat dilihat dari suku Jawa ini ialah :
? Cara berbicaranya yang khas dan terkadang dalam pembicaraan sehari-hari bahasanya ini nampak sekali dan sangat jelas didengar. Bahasanya juga ada yang kasar dan ada yang halus.
? Tingkah laku dari orang Jawa ini sopan dan patut ditiru, tapi ada juga orang jawa yang tingkah lakunya macam-macam maksudnya tidak sopan.
? Kulitnya tidak terlalu putih dan tidak terlalu hitam tapi sedang-sedang saja.

Di Jawa juga ada upacara-upacara system religi seperti gambar di atas, gambar di atas ialah upacara sekaten.

Suku Asmat
Suku Asmat di Indonesia sangat sedikit sekali, karena asal suku asmat ini banyak berada jauh di Pulau Irian Jaya oleh karena itu persebarannya pun sedikit. Ciri-ciri dari suku Asmat ini ialah :
? Seperti yang kita lihat di televisi kebanyakan suku Asmat ini berkulit hitam dan kebanyakan berambut keriting.
? Bila berbicara mereka masih menggunakan bahasa daerahnya sendiri.
? Mereka juga suka membuat patung-patung, karena masih menganut paham animisme.

Suku Dayak
Suku Dayak ini banyak berasal dari Pulau Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur. Ciri-ciri dari orang Dayak ini ialah :
? Cara berbicaranya yang sangat khas sekali, dan terkadang cara berbicaranya itu sedikit kasar yang membuat orang bisa marah dan jengkel. Tapi walaupun cara berbicaranya kasar sebenarnya hatinya itu baik.
? Kebanyakan orang dayak berkulit putih tapi tidak semua orang dayak berkulit putih.

Suku Batak
Suku Batak banyak berasal dari Sumatra utara. Ciri-ciri dari orang Batak ini ialah :
? Bila dia berbicara dengan orang lain sedikit kasar, tapi kadang membuat orang tertawa.
? Sifatnya yang cepat marah dan mau menang sendiri.

Suku Sunda
Suku sunda banyak berasal dari Jawa Barat. Ciri-ciri yang menonjol dari suku Sunda ini ialah :
? Bahasanya yang cukup menarik karena setiap dia berbicara selalu diikuti kata “teh”.
? Mempunyai budi pekerti yang baik.
? Mempunyai wajah yang tampan dan rupawan tapi ada juga yang wajahnya biasa-biasa saja.

Suku Betawi
Suku Betawi ini biasanya banyak berada di Jakarta. Ciri-ciri yang menonjol dari suku Betawi ini ialah :
? Bahasanya yang unik.
? Adat istidatnya yang sopan tapi ada juga yang tidak sopan.

Suku Bali
Banyak sekali ciri-ciri yang menarik dari suku Bali ini tetapi bila kita pergi ke Pulau Bali pasti kita terpesona akan alamnya yang sangat indah dan kita juga akan menemukan ciri-ciri orang Bali seperti :
? Orang Bali kebanyakan beragama Hindu.
? Cara berbicaranya pun sangat halus dan khas, tapi ada juga yang bahasanya susah dimengerti karena menggunakan bahasa asli Bali.
? Mempunyai adat istiadat yang baik.
? Mempunyai kebudayaan tinggi yang unik dan kaya dengan berbagai ekspresinya. Contohnya seperti tarian Bali.
? Keunikan Bali juga terlihat dari system social masyarakatnya. Salah satunya adalah kesatuan social yang disebut Banjar. Banjar merupakan bentuk kesatuan-kesatuan social yang didasarkan atas kesatuan wilayah.

Gambar ini saya ambil dari sebuah buku pelajaran, disitu menyebutkan bahwa Bali adalah sebagai salah satu surga dunia yang memikat jutaan orang. Baik dari dalam maupun dari luar negeri mengunjungi Pulau ini.

Demikianlah, ringkasan ini kami buat dengan sebaik-baiknya.

7 Tanggapan to “MAKALAH MACAM-MACAM SUKU”

  1. wih…keren.thanks bgtz

  2. sebenernya apa siyh yang pengen kamu lingua – kan melalui blog ini..sarat ilmu antropologi-sosiologi..gado2 kayaknya..

    • emank sich keliatan kayak gado-gado, tapi yach… ilmu itu kan gak mengenal bentuk, tempat dan tujuan yang penting apa yang disampaikan itu digunakan dengan baik. oke…….

  3. syukron ya… tulisan antum bermanfaat buangeet… bet tugas q

  4. hidayat Says:

    baguz sie…cukup membantu tapi tolong dunk…tentang suku2 nya diperluas penjelasan nya untuk membantu buat makalah tentang suku madura….tolong yach tentang suku madura dikirim ke email q….seblmnya makasih…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: