FABEL IKAN LELE DAN IKAN SEMBILANG

Ikan lele adalah ikan yang mirip dengan ikan sembilang. Namun ikan sembilang hidup di air asin. Sedangkan ikan lele hidup di air tawar yang membuat mereka hidup ditempat berbeda karena pada zaman dahulu terjadi peristiwa yang menyedihkan pada diri ikan lele.
Pada suatu hari ikan sembilang sedang berenang-renang di muara sambil melenggak-lenggok memperlihatkan tubuhnya yang indah. Ikan sembilang berenang denga gembira, kemudian tiba-tiba ikan sembilang bertemu dengan ika tapah. Ikan tapah iri kepada ikan sembilang dengan rasa iri ia berkata, “kurang ajar nih ikan sembilang,” kecil-kecil sudah berkumis. Lalu ikan tapah mengejar ikan sembilang dengan rasa ketakutan ikan sembilang terus dikejar oleh ikan tapah. Akhirnya ikan sembilang bersembunyi dirawa-rawa. Kebetulan ia bertemu dengan saudara kembarnya yaitu ikan lele lalu ia meminta tolong kepada ikan lele agar mau meminjamkan racunnya beberapa hari untuk melawan ikan tapah. Lalu dia mencari-cari ikan tapah untuk membalas dendam. Tapi setelah beberapa hari ia mencarinya, ia tidak bertemu dengan ikan tapah. Sedangkan ia kuatir karena racunnya dibawa oleh ikan sembilang, ikan lele mencari ikan sembilang namun ditengah perjalanan ia bertemu dengan ikan tapah. Setelah itu ikan tapah mengejarnya. Karena ikan tapah mengira ikan lele itu adalah ikan sembilang. Lalu ikan lele berkata bukan, bukan saya, mungkin itu ikan sembilang.
“Aku tidak peduli, kata ikan tapah.
Lalu ikan tapah mengejar ikan lele, karena ketakutan ikan lele lari terbirit-birit, lalu ikan lele bersembunyi di rawa-rawa tiba-tiba datang seekor babi yang melintas di rawa-rawa tersebut. Tanpa sengaja babi menginjak kepala ikan lele hingga kepala ikan lele berbentuk seperti kaki babi. Tapi ikan tapah terus mencari kedua ikan tersebut, akhirnya ikan lele tetap hidup di air tawar dan ikan sembilang hidup di air asin.

TRI 3B
DEWI
ASTUTI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: