FABEL MUSANG MELAWAN AYAM

Ada seekor musang yang ingin bersahabat dengan ayam. Tetapi, sebenarnya musang itu Cuma hendak menipu ayam, yaitu agar mudah menangkap serta memakannya. Tetapi apa yang terkandung dalam hati musang itu sebenarnya sudah diketahui oleh ayam. Oleh karena itu, jauh-jauh sebelumnya ayam sudah bersiap akan menangkis segala tipu daya musang.
Pada suatu hari musang datang bertandang ke rumah ayam. Maka terjadilah perbincangan yang panjang. Setelah berbincang-bincang sekian lama, musang pun menyampaikan maksudnya yang sebenarnya bahwa ia sesungguhnya ingin bermalam dirumah ayam.
“O,…..Sama sekali tidak keberatan,” jawab ayam,” tetapi kamu harus maklum bahwa anakku banyak sekali. Mereka semuanya nakal-nakal. Malam-malam ada saja yang mau berak, kencing, minta makan, minta minum, menangis dan sebagainya. Yah….seperti itulah setiap malamnya. Lagipula anak-anakku tidak tahu-menahu biar ada tamu sekalipun mereka tetap saja tidak mau acuh.”
“Oh,…..tidak apa-apa, anak-anakku juga demikian,” jawab musang.
Pada malam harinya musang dan ayam terus saja berbincang-bincang. Akhirnya mereka merasa letih dan tidur. Sementara ayam mengatur tempat tidur anaknya, anaknya yang besar-besar disuruh mencari batu. Setelah terkumpul lalu disusun dibawah tempat tidurnya. Ayam segera diam-diam mengungsikan anak-anaknya.
Sesudah agak lama suasana pun menjadi sunyi sepi. Piker musang tentu ayam dan anak-anaknya sudah tidur nyenyak. Lalu perlahan-lahan mengintai dan mendekati tempat tidur ayam. Musang dengan sekuat tenaga menyeruduk menerkam.
Tetapi, yang kena terkam hanyalah batu-batu yang disusun ayam. Musang kesakitan. Giginya yang tengah patah. Dengan putus asa dan dengan menahan rasa sakit pulanglah musang kerumahnya.

————-TAMAT————

NAMA : ADITHYA PRANA DICHA
KELAS : III B

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: