penelitian di SMP N 1 Sui Raya

Tugas ini dikerjakan oleh salah seorang guru yang sedang magang di SMPN 1 Sungai Raya Pontianak. Waktu itu aku masih duduk di kelas 3 SMP di SMP N 1 Sungari Raya juga. Aku harap tulisan ini bisa memberikan pengetahuan yang lebih. Silah perbaiki apabila ada yang kurang berkenan di hati kalian.
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Guru merupakan sosok manusia yang selalu dibutuhkan dalam pendidikan formal, karena di dalam pendidikan formal inilah seorang guru menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang bermutu yang dapat meneruskan pembangunan bangsa. Menurut Ruseffendi (1982 : 26) bahwa : “guru merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan anak didik, maka dalam melaksanakan profesinya guru dituntut mempunyai kemampuan yang memadai untuk mengembangkan potensi siswa”.

Untuk dapat melaksanakan pendidikan secara baik serta mengembangkan potensi siswa bukanlah pekerjaan yang mudah, jika dalam mewujudkannya hanya bergantung dari gurunya saja tanpa didukung oleh factor lainnya yang dapat membantu berjalannya proses belajar secara efektif .

Dalam proses belajar mengajar siswa juga dituntut untuk dapat belajar secara aktif dan kreatif agar kwalitas pendidikan dapat tercapai. Oleh sebab itu, guru perlu memberikan kegiatan atau tugas agar siswa mempunyai kegiatan di rumah baik tugas kurikuler maupun tugas ekstrakulikuler.
Namun dalam pelaksanaan tidak jarang dijumpai guru sering tidak memberikan tugas kepada siswa apabila proses pembelajaran berakhir.
Hasil suatu proses pendidikan diawali dengan kwalitas pembelajaran didalamnya tercakup guru, kegiatan pembelajaran, siswa, media pembelajaran, sarana dan prasarana. Kalau ini dapat berjalan dengan baik dan sarana dan prasarana tersedia maka peningkatan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan.

Guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan metode dan teknik yang bervariasi, dengan harapan proses pembelajaran dapat mencapai tujuan yang semaksimal mungkin.
Oleh sebab itu seorang guru harus dapat memilih strategi pembelajaran yang paling tepat.

Dalam pengamatan penulis di kelas IE SLTP Negeri I Sungai Raya Pontianak terlihat bahwa dari kelas yang ada ternyata kelas IE SLTP Negeri I Sungai Raya Pontianak yang tergolong dibawah rata – rata kelas lainnya. Agar dapat diketahui secara jelas penyebab rendahnya rata – rata nilai IPS Ekonomi pada siswa kelas IE SLTP Negeri I Sungai Raya Pontianak, maka uapaya yang penulis lakukan yaitu melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan melakukan penelitian tindakan kelas ini terdapat bahan kegiatan untuk melaksanakan diskusi dan menetukan langkah – langkah tindakan selanjutnya.

Agar dapat diketahui penyebab dari siswa yang tidak dapat mencapai prestasi secara maksimal, maka diharapkan melalui metode pemberian tugas atau PR ini dalam pembelajaran IPS Ekonomi siswa termotivasi untuk belajar lebih giat, pemberian tugas ini tujuanny ingin melatih dan membantu siswa untuk mengingat kembali materi pelajaran dan juga sebagai sarana umpan balik kepada siswa. Rool Jakkers (1993 : 77) mengatakan bahwa “Pemberian tugas sangat berguna untuk memenuhi jalannya proses belajar mengajar dan merupakan sarana untuk memberi umpan balik kepada murid”.
Atas dasar uraian di atas, penulis melakukan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS Ekonomi di kelas IE SLTP Negeri I Sungai Raya Pontianak.

B. Masalah Penelitian

Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah “rendahnya hasil berlajar dan kurang beraninya dalam memberikan tugas perkerjaan rumah di kelas IE SLTP Negeeri I Sungai Raya Pontianak dalam proses kegiatan pembelajran IPS Ekonomi” dengan sub masalah sebagai berikut :
1. Mengapa hasil berlajar siswa rendah dalam pembelajaran IPS Ekonomi.
2. Mengapa guru kurang memberikan tugas dalam pembelajran IPS Ekonomi.
3. Bagaimana hasil belajar siswa yang diberikan tugas pekerjaan rumah setiap akhir proses pembelajaran.
4. Bagaimana hasil belajar siswa yang tidak diberikan tugas pekerjaan rumah.
5. Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diberikan tugas PR.
6. Sejauh mana efektivitas tugas pemberian PR untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

C. Tujuan Penelitian

Sejalan dengan permasalahan yang dikemukakan tersebut di atas, maka tujuan penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui penyebab mengapa hasil belajar siswa rendah dalam pembelajaran IPS Ekonomi.
2. Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dilakukan penelitian.
3. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian tugas PR terhadap hasil belajar siswa.
4. Untuk mencari solusi bagi guru IPS Ekonomi melalui metode pemberian tugas atau PR.

D. Manfaat Penelitian

Dari hasil penelitian ini diharapkan nantinya dapat memberi manfaat bagi guru, siswa, bagi maupun bagi sekolah.

1. Bagi guru.
a. Dapat memperbaiki strategi mengajar dengan penggunaan metode mengajar yang tepat sesuai dengan metode pelajaran dan pokok bahasan yang diperlukan.
b. Dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih giat.
c. Meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mengerjakan tugas rumah dalam pembelajaran IPS Ekonomi.

2. Bagi sekolah
a. Dapat menunjang program sekolah yang berkaitan dengan peningkatan mutu dan hasil belajar.
b. Untuk meningkatkan kualitas sekolah.

E. Ruang Lingkup penelitian

Dalam ruang lingkup penelitian ini akan dibahas adalah variable penelitian dan penjelasan istilah.

Adapun yang menjadi ruang lingkup penelitian ini adalah :
1. Variabel Penelitian
Menurut Suharsimi Arikanto (2002 : 96) “variable penelitian adalah objek penelitian atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian.” Sedangkan menurut Sugiyono (2000 : 20), variable penelitian adalah “suatu atribut atau sifat atau aspek dari orang mapun objek yang mempunyai variasi tertentu yang dutetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya”.

Berdasararkan pengertian – pengertian tersebut di atas, maka ditari kesimpulan bahwa variable adalah objek yang ditetapkan peneliti untuk diamati dan ditarik kesimpulannya. Dalam penelitian ini yang menjadi titik focus penelitian ada dua variable, yaitu :
a. Variabel Bebas
Menurut Sugiyono (2002 : 21), variable bebas adalah variable yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel terikat. Variabel dalam penelitian ini adalah pemberian tugas dalam bentuk PR yang diberikan oleh guru kepada siswa kelas IE dalam pembelajaran IPS Ekonomi. Adapun yang menjadi aspek dari variabel ini antara lain :
1) Pelaksanaan dan jenis pemberian tugas PR.
2) Tujuan pemberian tugas PR.
3) Waktu pemberian dan penyelesaian tugas PR.
b. Variabel terikat
menurut Sugiyono (2000 : 21), variable terikat adalah “variable yang dipengaruuhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas.” Variable terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS Ekonomi siswa kelas I SLTP Negeri I Sungai Raya Pontianak.
1) Nilai tugas PR
2) Nilai ulangan harian

c. Variabel kontrol
Variabel ini merupakan variable yang sengaja dikendalikan agar tidak dipengaruhi oleh variable bebas dan variable terikat.
Adapun yang menjadi variable kontrol dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1) Siswa kelas IE SLTP Negeri Sungai Raya 2004/2005
2) Bukan siswa yang tinggal kelas
3) Bukan siswa pindahan

d. Variabel ekstrane
Menurut Hadari Nawawi (1998 : 58), variable ekstrane adalah “sejumlah gejala yang tidak dapat dikontrol dan dapat pula diperhitungkan dan dieliminir (dihapuskan) pengaruhnya terhadap variable bebas.
Adapun yang menjadi variable ekstrane dalam penelitian ini adalah :
1) Lingkungan tempat tinggal siswa
2) Tingkat social ekonomi orang tua siswa
3) Tingkat intelegensi siswa
4) Sarana dan prasarana
5) Keaktifan siswa
6) Disiplin siswa

2. Definisi Operasional
Untuk menghindari penafsiran yang berbeda – beda, perlu dijelaskan beberapa istilah yang digunakan dalam penelitian ini.

1. Tugas belajar di rumah
Tugas belajar dirumah bisa disebut kegiatan tugas ekstrakuler, yaitu kegiatan belajar yang dilakukan di luar kelas misalnya di rumah, perpustakaan, taman bacaan dan lain – lain.

Menurut Alpandie (1984 : 73), metode ini dimaksudkan pemebeian tugas kepada anak – anak baik untuk dikerjakan di rumah atuapun di sekolah dengan mempertanggung jawabkannya kepada guru.

Pemberian tugas PR dalam penelitian ini adalah pemberian kepada siswa pada saat selesai proses belajar mengajar di sekolah dalam pembelajaran IPS Ekonomi untuk selanjutnya dikerjakan siswa di rumah dan diperiksa oleh guru atau dikerjakan di papan tulis pada pelajaran berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: